Menu Close

Kredit dengan riwayat kredit buruk

Memiliki riwayat kredit yang buruk memang akan berimbas bagi anda, terutama jika anda ingin melakukan pinjaman bank, maka anda sudah pasti akan ditolak. Karena raport BI Checking anda kini sudah menjadi merah. Yang artinya, anda memiliki jejak kredit yang tidak baik atau pernah mengalami kredit macet. Itulah resikonya jika anda memiliki riwayat kredit yang buruk.

Top Pinjaman Online

Pilih yang tepat untukmu

BI Checking sendiri adalah sebuah parameter untuk mengetahui rekam jejak seseorang dalam pengajuan pinjaman uang. Data dari BI Checking digunakan sebagai acuan semua perbankan dan lembaga keuangan besar untuk melihat rekam jejak kredit peminjam.

Jadi, jika bank menemukan nama anda di daftar merah tersebut, sudah bisa dipastikan pihak bank akan sulit meloloskan pengajuan pinjaman anda. Namun, jika nama anda tidak tercantum di dalam daftar Raport Merah BI Checking, maka pihak bank akan melihat bahwa anda masih memiliki potensi dapat membayar tagihan bulanan dan pihak bank akan dengan senang hati menyetujui pegajuan pinjaman anda.

Sekarang, bagaimana cara memperbaiki sejarah kredit anda yang buruk tersebut?

Solusi terbaik untuk memperbaiki sejarah kredit anda yang buruk adalah dengan cara melunasinya. Masuk akal bukan?

Ya, dengan melunasi kredit macet anda maka secara otomatis anda akan berada di posisi yang aman atau raport anda akan menjadi hijau lagi. Dan ini berarti, ketika anda melakukan pengajuan pinjaman uang ke bank, maka pihak bank akan tersenyum dan dengan senang hati akan menyetujui pengajuan pinjaman anda. Namun, tentu saja, dengan sedikit was-was.

Masalah kredit yang buruk ini dapat terjadi karena dua hal:

  • Penggunaan kartu kredit yang kurang terkontrol sehingga kreditnya membengkak dan menjauhi kemampuan anda dalam pembayaran tagihan bulanannya
  • Tidak ada mampu melunasi pinjaman kredit karena masalah keuangan yang tidak terduga.

Jika masalah anda terletak pada penggunaan kartu kredit, ada baiknya bagi anda untuk memulai membatasi atau memperkecil limit dari kartu kredit anda. Karena limit kartu kredit yang tinggi, bisa menjadi sebuah godaan bagi kita untuk terus menggunakannya untuk keperluan yang mubazir.

Namun jika permasalahan anda terletak pada ketidak mampuan anda dalam melunasi pinjaman uang konvesional, maka ada baiknya untuk mencoba melunasinya dengan cara menjual aset-aset yang berharga. Tetapi jika masih belum mencukupi, anda dapat mengajukan refinancing, perpanjangan tempo pembayaran, keringanan bunga, atau pelunasan hutang pokok. Intinya, anda harus sebisa mungkin melunasi hutang anda tersebut dengan cara negosiasi dengan pihak bank.

Memperbaiki riwayat kredit buruk anda, sama halnya mengembalikan reputasi anda di mata perbankan sebagai nasabah yang terpercaya.

Butuh dana cepat?

Pinjaman tunai untuk apa saja